Gonjang-Ganjing Awal Tahun Itu….

coffee_computer3Bermula dari iseng buka blog teman-teman (duh, pada rajin apdet!), akhirnya pulang ke blog sendiri. Bener-bener ya, males banget aku ini! Posting terakhir empat bulan lalu! Eh, masih mending sih ketimbang tahun lalu yang vakum setahunan, hihi.

Jadi, mau nulis apa, ya? Banyak sih yang terjadi di empat bulan terakhir.

Yang jelas, awal tahun 2013 ini bukan permulaan yang cukup mulus. Persoalan ART yang resign, bikin kelabakan dan membuat jadwalku superkacau. Rumah berantakan dan kerjaan keteteran, karena aku fokus ngurus keperluan Raia dan Keyra–yang masih bayi.

Proses pergantian dari ART lama ke ART baru  juga sangat menguras tenaga dan emosi. Tsah.

ART baru dari audisi pertama membuatku naik darah hampir tiap hari. Gimana enggak, hobinya bolos, sodara-sodara! Sehari masuk-sehari enggak, dua hari masuk-tiga hari enggak, tiga hari masuk-seminggu absen! Gimana enggak cekot-cekot? Mana saat itu deadline2 kerjaan sudah dekat sejak ART lama resign. Tobat!

Akhirnya audisi ART kedua dilakukan. Dan ini makan waktu pula. Susah zaman sekarang, nyari ART. Jangankan yang 24 jam, yang enggak tidur dalem pun susah dicari. Kebanyakan lebih pilih kerja di pabrik!

Jadi, agar aku bisa konsen menyelesaikan pekerjaan, Key dititipkan di rumah mertua—yang jaraknya menempuh hampir sejam perjalanan. Pagi dibawa ayahnya, sore baru pulang saat ayahnya pulang kerja. Kadang malah malem. Itu bikin kondisi dia drop. Ditambah lagi seneng-senengnya bereksplorasi memasukkan benda ke mulut, dia pun kena disentri. Sedih. Lalu mencoba abai pada pekerjaan (dan membuatku kembali meminta perpanjangan tenggat dan jadi sangat tidak profesional) dan memusatkan perhatianku pada kesembuhan Key dan pemulihan kondisinya.

Praktis dua bulanan, hidupku kacau gara-gara ART. Sungguh tidak keren, bukan?

Alhamdulillah kemudian aku dapat ART yang baik. Ibu-ibu paruh baya, enggak bolosan, terampil megang anak kecil, dan rumah pun menjadi cukup rapi. Aku bisa konsen kembali ke pekerjaan, dan hidup pun perlahan kembali normal.

Lalu Tuhan pun memberikan penghiburan. Di saat pikiran kembali jernih, kreativitas membebaskan dirinya. Di sela kerja, aku masih bisa nulis untuk ikut dalam lomba novel Wanita dalam Cerita-nya Bentang. Rampung di malam menjelang deadline, novel berjudul One and Only lolos dalam 18 besar dan menjadi juara 2. Alhamdulillah….

Akhirnya setelah Cinta dalam Belanga di tahun 2009, aku mau punya buku lagi! Yeay! 😀

KOMPETISI MENULIS GAGASMEDIA 2013: 7 DEADLY SINS, DEADLINE DIPERPANJANG. (UPDATE)

gagas

Sumber: Note Gagasmedia

Hello, writers!

Pasti sudah kangen dong ditantang oleh GagasMedia dengan lomba menulisnya. Kali ini, tantangannya adalah menulis novel dengan karakter yang tidak sempurna. Kita semua tahu kan, karakter fiksi yang serbasempurna itu membosankan. Kamu bisa memilih salah satu kekurangan tokoh utamamu itu dari tujuh dosa mematikan (SEVEN DEADLY SINS) yang terkenal itu.

Ketujuh dosa yang dimaksud adalah WRATH (Murka), LUST (Nafsu), GLUTTONY (Kerakusan), GREED (Keserakahan), SLOTH (Kemalasan), ENVY (Dengki/Iri hati), dan PRIDE (Kesombongan). Kamu bisa belajar lebih lanjut mengenai 7 Deadly Sins di artikel http://gagasmedia.net/artikel/1234.html dan http://gagasmedia.net/artikel/1233.html 🙂

KETENTUAN

  1. Genre naskah bebas (kecuali fantasi).
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, panjang antara 100-150 halaman A4, spasi 1, Times News Roman 12. Sertakan sinopsis lengkap maksimal 2 (halaman A4).
  3. Selain kualitas tulisan, juri akan membuat penilaian khusus berdasarkan kemampuan penulis menggarap kepribadian tokoh utama berdasarkan ‘dosa’ yang dipilihnya dan bagaimana kemampuan crafting si penulis menjalin kepribadian karakternya dengan jalan cerita (plot) naskahnya.
  4.  Setiap penulis wajib membuat satu video promo (maksimal tiga menit, di-upload di Youtube atau media video sharing lainnya) yang berisi tentang deskripsi singkat naskah yang diikutkan lomba dan apa yang membuat juri wajib memilih naskahnya sebagai pemenang [perhitungannya: satu video promo untuk satu naskah. Jadi, kalau kamu mengajukan lebih dari satu naskah, videonya juga dibuat sejumlah naskah yang kamu ikutkan lomba].
  5. Naskah dikirim berbentuk print out (cetak, sudah dijilid rapi) sebanyak 1 (satu) eksemplar. Sertakan formulir lomba (download dari link ini: http://gagasmedia.net/media/FORMULIR_7_DEADLY_SINS.doc Kamu WAJIB mencantumkan link video promo buatanmu di formulir.
  6. Naskah dikirimkan ke redaksi GagasMedia (alamat: Jalan Haji Montong No. 57 Ciganjur-Jagakarsa, 12630). Di amplop pengiriman naskah, harap menuliskan kode GAGASMEDIA’S 7 DEADLY SINS berikut ‘dosa’ yang kamu pilih (misal: GAGASMEDIA’S 7 DEADLY SINS: WRATH).
  7. Naskah kamu diterima paling lambat 7 Juli 2013 (cap pos). Untuk mempermudah pendataan, diharapkan satu amplop saja untuk satu naskah.
  8. Naskah yang sudah dikirimkan untuk lomba ini tidak akan dikembalikan.
  9. Pemenang lomba akan diumumkan 7 September 2013 di website resmi dan fanpage GagasMedia.
  10. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

HADIAH
Sebagai apresiasi bagi karya-karya terbaik, GagasMedia memberikan penghargaan bagi 7 (tujuh) orang pemenang berupa uang tunai senilai Rp 5.000.000, tablet, dan voucher buku. Ketujuh pemenang juga berhak mendapatkan kontrak penerbitan dari GagasMedia.

Tunggu apa lagi?

Mulailah proyek menulismu dan jangan lupa menyiapkan lagu yang enak-enak di playlist-mu. Start working on your novel and be the next famous author in Indonesia!

Love,

GAGASMEDIA