Gadis Kecil Itu … bernama Raia

Si kecil itu tumbuh
Si kecil itu tumbuh

Tak terasa waktu berlari. Dari bayi mungil, si kecil itu terus bertumbuh. Ia kini menjadi seorang gadis kecil yang manis, lincah, cerdas. Meski lasaknya tak pernah surut. Terlalu banyak bergerak. Dinamika pertumbuhannya terkadang mencengangkan, meski di lain waktu mengesalkan, karena selain cerdas, ia juga ngeyelan. Sudah punya kehendak. Dan ia kerap ingin selalu ditiruti kehendaknya. Egois, acap kali. Pemberang di lain waktu. Tapi ia tetaplah gadisku yang berhati lembut. Yang menangis diam-diam jika tanpa sadar aku meluncurkan bentakan. Yang mengaku “merasa nyaman” jika kupeluk di dadaku sesudahnya.

Ah, begitu banyak kata yang ingin ia ucapkan dan tanyakan sepanjang hari, sampai-sampai kadang aku merasa kewalahan. Selalu ingin tahu. Selalu ingin diberi tahu. Tapi ia selalu belajar memahami dunia dengan caranya sendiri. Dengan sisi nakal kanak-kanaknya, dia menjadi sebuah pribadi yang lengkap.

Ah, dia selalu lekat di mata dan batinku. Aku merasa bangga dengan perkembangannya.

Dia masih imut banget di gambar berikut ini.

Raia baru lahir ....
Raia baru lahir ....

Usianya mungkin baru sejam semenjak dilahirkan.Proses kelahirannya normal, lancar, alhamdulillah. Yang berat hanya di sebulan usia kehamilanku. Yah, masih untung hanya sebulan. Hyperemesis. Masuk rumah sakit. Wah, berat banget rasanya. Alhamdulillah dia lahir sehat 27 November 2004, dengan berat 3,2 kg. Dan dia pun tumbuh ….

Usia3 bulan tengkurap, 6 bulan merangkak, 8 bulan titah, dan 11 bulan sudah mulai jalan. Langkah-langkah kecilnya tak kenal takut. Nekat. Tabrak sana sini. Luka dengkul kanan kiri tak peduli. Benar-benar lasak….

pertumbuhan selanjutnya
Raia setahun
Dia suka belajar.
Si pembelajar

Ia sangat suka mempelajari hal-hal baru. Serius banget kalo lagi belajar. Ia sudah hapal hampir semua huruf dan sudah bisa mengeja sederhana. Menurutku belajar itu kudu bertahap. Aku nggak mau ngoyo dia harus cepat baca. Tiga tahun sudah bisa baca, misalnya. Nggak, ah. Biar aja pelan-pelan. Mengalir seperti air. Dan tidak instan. Dia hobi menyanyi. Cepat menghapal lagu. Ia suka mewarnai (meskipun biasanya hanya berupa blok satu warna dalam beberapa objek, atau mencampur berbagai warna dalam beberapa objek.Hihi) Ia sangat antusias belajar teknologi. Ia gemar main game di komputer. Jigsaw dan Sebran adalah game kesukaannya. Ia suka nonton film. CD favoritnya antara lain Barney, Strawberry, dan tentu saja Teletubbies dan Dora the Explorer. Film favorit yang tak pernah jemu diputarnya: Piglet the Movie, sebuah film yang sangat cerdas dalam mengajarkan tentang persahabatan dan penghargaan pada orang (makhluk) lain.

bercanda dengan ayah
bercanda dengan ayah
Pentas tari Tam Tam di Ceria Anak Indonesia 2008
Pentas tari Tam Tam di Ceria Anak Indonesia 2008
Posted in Uncategorized

2 thoughts on “Gadis Kecil Itu … bernama Raia

  1. mbak raia cantik banget nehhh….. mirip ibunya.?? centil-centilnya apalagi, ibune banget!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s